Home » » Penilaian Debat

Penilaian Debat

Written By Unknown on Sabtu, 20 Juli 2013 | 21.37


Judul: Penilaian Debat Bahasa Inggris
Penilaian debat meliputi tiga hal: matter, manner, dan method. Matter berkaitan dengan materi atau substansi, manner berkaitan dengan sikap ketika menyampaikan substansi, sedangkan method berkaitan dengan cara penyampaian substansi. Substansi atau matter itu harus membangun case melalui argumen – argumen dan argumen itu sendiri haruslah dibangun dengan dasar AREL. Assertion (Apa?)  adalah pernyataan seseorang tentang suatu hal. Setelah seseorang menyatakan suatu pernyataan, pernyataan tersebut harus diberi alasan mengapa Reasoning (Mengapa?). Kemudian tunjukkan bukti Evidence (Buktinya?). Link Back (kesimpulan dengan cara menghubungkan antara pernyataan, alasan, dan bukti bukti).
Sikap anggota tim debat tidak boleh meremehkan, mengejek, atau menghina tim lawan baik sebagai tim atau individu. Gerakan tubuh secara akademis bukan emosi dan ancaman ketika menyampaikan argument/speech. Perlu diingat apabila debat memperbolehkan POI, penilaian dalam aspek manner menjadi amat penting.
Method menyangkut keterurutan dan sistematika penyampaian argumen/speech.  Pada postingan sebelumnya telah disinggung dengan jelas dan singkat tentang method itu. Urut urutan itu harus dipatuhi agar bisa memenangkan tim. 
Dalam penilaian debat kedua tim harus disebutkan margin debat. Margin disini maksudnya adalah evaluasi menyeluruh dari debat kedua tim. Tips: dalam menentukan pemenang, tentukan dulu margin baru memberi skor masing masing anggota tim.
Ketika Anda menjadi juri debat, Anda harus teliti mengamati argumen dari kedua tim, apakah argumen argumen dibangun atas prinsip AREL? Juga apakah setiap argumen dari setiap anggota tim debat saling berhubungan dan mendukung dan bukannya saling kontroversi atau menggugurkan case sendiri? Juga manakah data yang paling akurat sekaligus lebih terkini?
Dibawah ini adalah format penilaian debat:
Adjudication Sheet
Motion:
Round:
Avenue:
Adjudicator:
Affirmative:
Debaters

Matter
Manner
Method
Score
Time
1.






2.






3.






Reply Speech:







T o t a l s c o r e



Negative:
Debaters

Matter
Manner
Method
Score
Time
1.






2.






3.






Reply Speech:







T o t a l s c o r e



Winner: Affirmative/Negative
Best Speaker:
Margin:
Signature of Adjudicator:


NIP/NIK:

Matter/Manner

Method

Meaning

26

13

Poor

27 – 29

14

Below Average

30

15

Average or Expected Standard

31 – 33

16

Above Average

34

17

Excellent


Margin

Meaning

1 – 4

A very close debate, with only minor differences

5 – 9

A relatively clear decision, with one team having an obvious advantage

10 +

A very clear win, with the losing team probably having failed in one or more fundamental aspects of its argument or presentation









Ditulis Oleh : Unknown Pendidikan, Teknologi, Tausiyah, Blogging

RegiBrader You are reading about Penilaian Debat. You can copy and paste the information above and tell others via your own blogs but please mention the source. Let's develop good climate in blogging and keep on creating.
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Flag Counter
 
Support : Blog MGMP yang dulu | Kumpulan Fotoku | Best Template
Copyright © 2013. Manfaat - Abdurrahman,M.Pd
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger