Home » » Trik membersihkan dan merawat komputer Anda.

Trik membersihkan dan merawat komputer Anda.

Written By Unknown on Selasa, 31 Desember 2013 | 13.36

Beberapa waktu yang lalu, komputerku dalam kondisi parah karena seringkali menjadi tempat mengkopi file, maklum tugas sekretaris MGMP. Dulu, aku tidak peduli dengan virus, pokoknya virus apa saja ngga masalah karena sudah bisa format komputer sendiri tapi lama kelamaan, aku kena batunya, banyak fileku yang hilang entah kemana, sistem eror, program ngga jalan, loading lambat, saat bekerja tiba tiba crash, dan lain lain. Hingga akhirnya terpaksa juga aku mempelajari virus ini, agar komputer dan pekerjaan bisa berjalan lancar. Banyak sudah yang kulakukan meskipun dengan cara amatir tapi paling tidak sudah kukerjakan.
  1. Cara pertama, dengan OS Linux seperti Ubuntu, linuxmint, atau distro lainnya, namun sebelumnya harus diidentifikasi dengan antivirus seperti smadav. Cara ini memakan waktu agak lama dan harus benar benar teliti ketika menghapusnya. Kelemahan cara ini adalah kadang kita salah menghapus file bisa bisa file sistem yang terhapus sehingga akan eror seluruh sistem komputer kita. Cara ini juga sangat bergantung pada identifikasi dari antivirus yang kita pakai. Namun cara ini sangat efektif ketika kita hanya menghapus virus dari flashdisk. Contoh, kita punya 2 file dalam FD, lalu ketika kita buka dengan OS linux jumlah filenya bertambah, maka dipastikan file file tersebut adalah virus.  
  2. Cara kedua, dengan memformat ulang komputer Anda. Cara ini sangat efektif untuk komputer yang sudah sangat parah terinfeksi virus. Sebelumnya, back up dulu seluruh file/data dalam drive selain C, lalu format drive C Anda, partisi sesuai selera. Kemudian pasang dan instal semua program yang kita perlukan (usahakan jangan banyak sesuai kebutuhan saja). Pasang program Deep Freeze agar drive C Anda terkunci dari semua bentuk aplikasi program karena hakikatnya virus adalah program yang autorun. Pasang antivirus yang selalu update. Virus semacam ramnit bisa saja dimatikan dengan antivir avast, avg, dan lain lain sepanjang Anda mengupdate antivir Anda. Jangan lupa juga memasang unlocker untuk mematikan induk virus, karena biasanya file induk akan kembali setelah kita delete. Dengan unlocker, file bisa dipaksa dihapus,
  3. Cara ketiga,memantau kinerja komputer Anda. Virus bersifat menurunkan kinerja komputer Anda. Ketika Anda merasakan sesuatu yang "aneh", segera identifikasi. Kalau istilah medis, "kalau Anda mengalami keluhan segera datang ke petugas kesehatan terdekat". Jangan dibiarkan. Virus berkembang sangat cepat. Ketika sebuah komputer yang terinfeksi virus dalam keadaan on, maka selama itu pula virus berreduplikasi sebanyak mungkin.
  4. Setting windows defender Anda dalam posisi on. Cara sederhana ini kadang efektif. 
  5.  
    Semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Unknown Pendidikan, Teknologi, Tausiyah, Blogging

RegiBrader You are reading about Trik membersihkan dan merawat komputer Anda.. You can copy and paste the information above and tell others via your own blogs but please mention the source. Let's develop good climate in blogging and keep on creating.
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Flag Counter
 
Support : Blog MGMP yang dulu | Kumpulan Fotoku | Best Template
Copyright © 2013. Manfaat - Abdurrahman,M.Pd
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger